Macaron

Macaron udah tak asing lg di telinga kita.jenis cookies ini dah mulai populer di Indonesia.Asalnya dari Perancis..Harganya di Indo mulai 5ribu sampai 15 ribu per pcs.
Namun tergolong tricky cara buatnya dan tidak sedikit pula yang gagal.Resep ini sudah sering saya pakai waktu kerja di hotel.
Yuk kita coba untuk bikin.
Resep Macaron:
paste:
250 gr tepung almond/almond ground
250 gr icing sugar/gula halus
100 gr egg white/putih telur
Meringue:
270 gr sugar/gula pasir
75 gr water/air
2 gr salt/ garam
Pewarna makanan secukupnya

Methode:
siapkan wadah/bowl bersih.campurkan bahan paste semua.aduk pake spatula.pastikan aduk sampai rata dan tidak bergerindil lalu sisihkan.

meringue.
siapkan bowl/mixer bowl yg stenlis ya.pastikan bersih,kering,jangan sampai ada percikan air nya biar telur biss naik waktu di kocok.
telur juga usahakan suhu ruang.bebas dr air.kondisi telur juga bebas dr yg warna kuning walau sedikit.
lalu siapkan pan/panci rebusan.masak gula pasir,air dan garam.teteskan pewarna sesuai selera.warna bisa di tambahkan disini atau pada paste tadi.boil atau rebus sampai suhu 180 derajat celsius.selama merebus jgn sampai di aduk atau di goyang goyangkan pancinya karena bisa mengkristal.
setelah mau mendekati 180 derajat.segera mixer telur 100 gr tadi dengan kecepatan rendah sampai berbusa.setelah suhu air gula mencapai 180 derajat segera tambahkan kecepatan sedang dan siramkan ke telur di bibir bowl nya biar gak nyiprat.hati hati karna gula sangat panas jangan sampai kena muka atau tangan.setelah air gula masuk semua tambahkan kecepatan maksimal.tanda sudah ready yaitu pantat bowl tadi udah gak panas.dan waktu meringue di angkat membentuk ekor.lalu angkat bowl bowl di meja.siapkan spatula untuk mengaduk.
masukkan seperempat atau sepertiga meringue/kocokan putih telur tadi ke adonan paste.
aduk sampai rata ya.
sisa putih telur tadi ikut masukkan semua tapi kali ini aduk puter balik.biar meringue gak turun.hati hati dalam proses pengadukan ini karna ini yang menentukan jadi dan tidak nya.
setelah siapkan plastik segitiga/paping back dengan spluit polos yang lubangnya sedang.siapkan loyang yang di alasi silpat atau kertas roti.masukkan adonan ke paping back ya.kita cetak bulat ukuran sesuai selera.jangan terlalu lebar juga.lalukan sampai adonan habis.kasih jarak waktu mencetak biar adonan gak bersentuhan ya.
Setelah selesai istirahatkan sekitar sejam atau sampai permukaan kering ya.di tes di sentuh pakai jari tidak nempel.bakar dengan suhu 159 derajat celcius.sekitar 15 sampai 20,menit.lalu kluarkan dari oven.istirahatkan sampai tidak panas baru di lepas.hati hati melepasnya kadang ada yg nempel pasa silpat atau kertas roti.
baru di tempel seperti senwich.untuk fillingnya kita bagas di resep berikutnya ya.bisa juga di lihat di chanel youtube saya
chanel:panama baking sweet.
oke selamat mencoba semoga berhasil ya

Comments

Popular posts from this blog

Pastillage